Visi dan Misi Program Pascasarjana Ilmu Politik

 

DEPARTEMEN ILMU POLITIK

 

VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM PASCASARJANA ILMU POLITIK

Sejak tahun 2013, Program Pascasarjana Ilmu Politik UI mengadopsi visi dan misi Departemen Ilmu Politik menjadi visi, misi dan tujuan Program Studi Pascasarjana Ilmu Politik UI.

 

 

VISI PROGRAM PASCASARJANA ILMU POLITIK

“Menjadi institusi terdepan dalam studi Ilmu Politik di Asia Tenggara yang unggul dalam kajian, pengajaran, dan pelayanan kepada masyarakat”.

 

 

MISI PROGRAM PASCASARJANA ILMU POLITIK

Adapun misi Departemen Ilmu Politik FISIP UI dan Program Studi  Pascasarjana Ilmu Politik UI adalah:

  1. Mengembangkan iklim dan kapasitas kelembagaan Departemen Ilmu Politik FISIP UI yang akuntabel, berbasis merit-system, sanggup melayani, profesional dan berkelanjutan.
  2. Menyelenggarakan program pembelajaran dan pelayanan kepada masyarakat berbasis pada kajian, untuk menghasilkan mahasiswa, peneliti, dan agen pembaharuan politik yang visioner, kritis, cerdas, inklusif, dan peduli.
  3. Mengembangkan dan memperkuat unit kajian yang handal dalam memproduksi pengetahuan dalam ilmu politik yang kredibel dan kontributif bagi terwujudnya tata kelola politik yang demokratis, adil dan setara.

 

 

Butir pertama dari misi mencakup penguatan kelembagaan, butir kedua dan ketiga dari misi tersebut mencakup Tridharma Perguruan Tinggi yaitu:

 

  1. Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran.
  2. Melaksanakan Penelitian.
  3. Melaksanakan Pengabdian Masyarakat.

 

 

TUJUAN PROGRAM PASCASARJANA ILMU POLITIK

Adapun tujuan Departemen Ilmu Politik FISIP UI dan Program Studi Pascasarjana Ilmu Politik UI adalah:

 

  1. Meningkatkan reputasi, kredibilitas dan akuntabilitas DIP FISIP UI di hadapan komunitas akademik, publik, pemangku kepentingan, dan mitra kerja.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi changemaker (pelaku perubahan) yang dipercaya dan dihargai oleh masyarakat dan pemerintah di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional.
  3. Produktivitas kajian, publikasi dan layanan yang bermutu, aktual, terpercaya, dan menjadi rujukan bagi kalangan akademisi, aktivis, pemerintah dan masyarakat sipil dalam mewujudkan tata kelola politik yang demokratis, adil dan setara.
  4. Terjalinnya kemitraan yang produktif dan berkesinambungan dengan masyarakat sipil, dunia usaha dan pemerintah guna meningkatkan kualitas SDM, sarana-prasarana pendukung, memperkaya pembelajaran, pendanaan, perluasan dampak dan keberlanjutan kelembagaan.