Jumat, 08 Desember 2017

Tugas Akhir (TA) adalah karya ilmiah yang disusun menurut kaidah keilmuan dan ditulis berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia, di bawah pengawasan atau pengarahan dosen pembimbing, untuk memenuhi kriteria-kriteria kualitas yang telah ditetapkan sesuai keilmuannya masing-masing. Tugas Akhir dibuat sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan suatu program studi. Tugas Akhir yang dimaksud dalam pedoman ini mencakupi, tetapi tidak terbatas pada, skripsi, tesis, disertasi, dan rancangan yang dihasilkan oleh sivitas akademika Universitas Indonesia.

 

Karya tersebut akan menjadi bagian dari koleksi Perpustakaan UI yang dinamakan koleksi UIANA, yaitu karya ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademika UI, tulisan tentang UI, dan tentang tokoh UI. Dalam upaya mendokumentasikan seluruh koleksi UIANA, baik dalam format tercetak maupun digital, diperlukan Pedoman Penulisan Tugas Akhir yang dapat digunakan di semua fakultas, sekolah, dan vokasi tanpa mengurangi keunikan setiap fakultas/departemen.


Pedoman Penulisan Tugas Akhir ini merupakan revisi dari pedoman yang diterbitkan pada tahun 2008. Revisi ini perlu dilakukan karena adanya kebijakan-kebijakan baru yang memengaruhi perubahan terhadap format dan teknis penyerahan tugas akhir ke perpustakaan.


Revisi pedoman ini disusun oleh Tim dari Perpustakaan UI, dan diterbitkan dengan tujuan memberikan tuntunan kepada penulis tugas akhir. Tim Penyusun memberi kesempatan kepada Program Studi/Departemen Fakultas untuk membuat petunjuk tambahan mengenai hal-hal yang tidak diatur dalam pedoman ini.


Pedoman Penulisan Tugas Akhir Revisi tahun 2017 disahkan penggunaannya melalui SK Rektor UI Nomor: 2143/SK/R/UI/2017 tanggal 17 Oktober 2017 dan wajib digunakan oleh sivitas akademika UI sebagai panduan penulisan tugas akhir.

 

file/2017/12/pedoman-teknis-penulisan-ta-2017.pdf

 
 
   1