Rabu, 13 Desember 2017

CUTI AKADEMIK

PENGERTIAN

Masa tidak mengikuti kegiatan akademik untuk waktu sekurang-kurangnya satu semester

 

Sumber :

Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor: 472/SK/R/UI/2006 tentang Cuti Akademik Mahasiswa Universitas Indonesia Pasal 1 (http://repository.ui.ac.id/dokumen/lihat/4198.pdf)

 

PERSYARATAN DAN JANGKA WAKTU CUTI AKADEMIK

Cuti akademik hanya dapat diberikan kepada mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan akademik sekurang kurangnya 2 (dua) semester, kecuali untuk cuti akademik karena alasan khusus. Cuti akademik diberikan sebanyak-banyaknya untuk jangka waktu 2 (dua) semester, baik berurutan maupun tidak.

 

Sumber :

Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor: 472/SK/R/UI/2006 tentang Cuti Akademik Mahasiswa Universitas Indonesia Pasal 3 (http://repository.ui.ac.id/dokumen/lihat/4198.pdf)

 

PROSEDUR

Permohonan cuti akademik online (terencana) diajukan oleh mahasiswa bersangkutan secara online pada Siak NG (http://academic.ui.ac.id) dengan memasukkan username dan password, status langsung berubah cuti tetapi butuh verifikasi dari tenaga kependidikan Program Pascasarjana agar status cutinya disetujui kemudian dapat mengunduh surat pengajuan cuti yang harus ditandatangani oleh pemohon, ketua program studi dan wakil dekan fakultas.

 

Untuk Pemohon cuti terencana melakukan pembayaran sebesar 25% dari biaya pendidikan semester yang akan berjalan dan wajib dibayarkan pada masa registrasi administrasi.

 

Apabila pemohon telah memperoleh izin cuti namun tidak melaksanakan pembayaran biaya pendidikan yang menjadi kewajibannya pada masa registrasi, pemohon dikenakan ketentuan mengenai Registrasi Administrasi Pengecualian sebagaimana diatur dalam Keputusan Rektor nomor 450A/SK/R/U/2006, tanggal 31 Juli 2006, tentang Registrasi Mahasiswa Universitas Indonesia.

 

Apabila pengajuan permohonan cuti akademik tidak sesuai dengan ketentuan pada ayat (1) di atas atau diajukan dalam semester berjalan, pemohon tetap membayar biaya pendidikan sebesar 100%.

 

Sumber :

Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor: 472/SK/R/UI/2006 tentang Cuti Akademik Mahasiswa Universitas Indonesia Pasal 4 (http://repository.ui.ac.id/dokumen/lihat/4198.pdf)

 

MASA STUDI

Masa studi dan waktu evaluasi keberhasilan studi bagi mahasiswa yang memperoleh cuti akademik disesuaikan dengan masa cuti yang diberikan.

Sumber :

Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor: 472/SK/R/UI/2006 tentang Cuti Akademik Mahasiswa Universitas Indonesia Pasal 6 (http://repository.ui.ac.id/dokumen/lihat/4198.pdf)

 

 
 
   1